MI Gondang Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

WONOPRINGGO – Memperingati hari Kesaktian Pancasila, MI & SDI Gondang memimbing anak didiknya untuk mengikuti upacara di halaman sekolah pada Sabtu (01/10/2022)

Mengawali bulan Oktober, yang bertepatan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila, MI & SDI Gondang mengajarkan anak didiknya untuk mengenal dan memahami peristiwa sejarah yng terjadi di balik tanggal itu.

Sejarah mencatat, bahwa bangsa Indonesia pernah mengalami hari-hari kelamnya ketika para Jendral yang juga menjadi pahwalan saat masa penjajahan, dibunuh secara kejam oleh segelintir kelompok dari bangsanya sendiri di tempat yang dikenal dengan sebutan “Sumur Maut Lubang Buaya”.

 Para jendral yang dibunuh ada tujuh orang, antara lain :

  1. Jendral TNI (Anumerta) Achmad Yani
  2. Letjen (Anumerta) Suprapto
  3. Mayjen (Anumerta) MT Haryono
  4. Letjen (anumerta) Siswondo Parman
  5. Mayjen (Anumerta) DI Panjaitan
  6. Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomihardjo
  7. Letnan Satu Corps Zeni (Anumerta) Pierre Andreas Tendean.

Ada sebuah naskah Ikrar Kesaktian Pancasila yang dibacakan oleh pemimpin upacara yaitu Hj. Khariroh, S.Pd.I., yang sbelumnya juga telah dibacakan teks Pancasila secara bersama-sama. Isi dari naskah tersebut sebagai berikut :

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan, Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *